Friday 5 January 2018

Detail perbedaan jeroan engine CRF150L dan NewMegapro FI

mazcacink.com : Setelah disibukkan dengan kegiatan di tempat kerja, akhirnya saya bisa berkesempatan untuk menulis artikel lagi. Sesuai judul di atas, kali ini saya akan coba menjelaskan perbedaan jeroan engine antara CRF150L dan New Megapro. Seperti kita tahu bahwa basis mesin CRF150L adalah dari NewMegapro FI/Verza. Lalu bagian apa saja yang membedakan antara CRF150L dan New Megapro FI. Berikut uraiannya.
1. Piston
Untuk bagian ini ada 2 perbedaan  yang mendasar antara piston CRF150L dan New Megapro FI. Yang pertama adalah panjang pantat piston, untuk CRF150L memiliki panjang pantat piston yang lebih pendek dari piston kepunyaan Megapro FI. Dan yang kedua adalah pada piston CRF150L, pada area kepala pistonnya AHM mengimprove dengan di coating-Hard anodic axide. Ini berfungsi untuk meningkatkan performa mesin.

2. Noken As / Camshaft
Pada area ini ada perbedaan profil camshaft itu sendiri. Perbedaan ini dikarenakan antara CRF150L dan New Megapro FI mempunyai perbedaan durasi buka tutup valve yang berbeda. Untuk CRF 150 L, valve in membuka mulai 5 derajat sebelum TMA dan menutup 30 derajat setelah TMB sehingga durasi valve in menjadi 215 derajat. Sedangkan valve ex membuka 30 derajat sebelum TMB dan menutup tepat 0 derajat TMA. Sehingga dari data ini maka overlapping pada CRF150L hanya 5 derajat, sangat berbeda dengan New Megapro FI yang sampai 15 derajat. Disamping itu durasi valve in CRF150L (215 derajat) lebih kecil bila dibandingkan dengan New Megapro yang mencapai 225 derajat. Perbedaan ini mempunyai CRF150L lebih responsif ditarikan awal dan menengah bila dibandingkan New Megapro FI.

Baca juga : Ketika KLX150 bertemu CRF150L di ajang Trail Game Asphalt


3. Crankshaft
Balancer pada New Megapro FI
Pada area Crankshaft terdapat perbedaan pada area balancer, jika di Megapro FI memiliki balancer di sebelah kanan maka tidak demikian pada CRF150L. Perbedaan ini juga dipengaruhi juga karena CRF150L sudah menggunakan offset cylinder yang berfungsi mengurangi friction di daerah dinding piston.

4. Spring Valve
Spring Valve New Megapro FI
Spring Valve CRF150L


Jika New Megapro FI lebih mengedepankan power yang berkitir di putaran atas berbeda dengan dengan CRF150L ini yang lebih mengutamakan torsi di putaran bawah. Sehingga AHM hanya menempatkan 1 spring valve untuk membalikkan valve ketika akan menutup. Lain halnya dengan New Megapro yang dijejali 2 spring valve pada tiap valvenya.

Yup,,itulah beberapa perbedaan antara engine CRF150L dan New Megapro FI. Walaupun secara sepintas hampir mirip, ternyata jika diperhatikan secara ada banyak perbedaan. Serupa tapi tak sama.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment