Friday 8 December 2017

Indikator posisi Gear All New CBR 150 tidak berfungsi, coba cek komponen ini.

Siang mz bro, pengalaman tidak mengenakkan di alami temen saya. Adalah Ardi penyemplak All New CBR 150 tahun rakitan 2016. Doi mengeluhkan indikator gear  pada panel spidometer motor kesayangannya tidak berfungsi. Saat posisi gigi Netral di panel spidometer lampu indikatornya tidak meyala. Dan saat akan menghidupkan motor dia harus menekan tuas kopling walaupun posisi gigi netral.
Saat di coba untuk gigi 1 sampai 6 pun, lampu indikator giginya tidak menunjukkan posisi gigi seharusnya. Dia coba kontak saya, dan saran saya coba saja di bawa ke bengkel. Singkat cerita, sampailah si empunya motor ke bengkel.
Oleh mekanik di bongkarlah bodi motor tersebut, cek kabel-kabelnya barangkali ada yang putus, karena menurut si empunya, motor tersebut sudah 3 bulan motor tidak dipakai. Hanya dibiarkan di rumah karena pemilik kerja di pelayaran. Si mekanik curiga jikalau ada kabel yang putus digigit tikus. Tapi hasilnya nihil. Tidak ada kabel putus.
Coba dicek di switch sensor gigi yang terletak di mesin. hwalah dalah ternyata pin yang harusnya kontak ke sensor switch giginya tidak nongol ( bergerak bebas). Pinnya macet sehingga tidak menempel pada sensornya. Akhirnya pin.e ditarik dan dilepas. Kemudian di amplas dan di beri pelumas. Pasang kembali, hasilnya indikator gigi pada panel spidometer kembali menyala.
Semoga bermanfaat.


1 comment:

  1. You should participate in a contest for among the best blogs on the web. I will suggest this website! honda cbr 150 2018

    ReplyDelete