Monday 25 December 2017

Caliper rem 1 piston dan 2 piston, lebih enak yang mana?

mazcacink.com : Jaman kian berkembang begitu juga dengan teknologi, salah satunya teknologi di sektor pengereman. Di sektor ini banyak banget perubahan yang terjadi. Kalau dahulu pada tahun era 80'an kita cuma mengenal rem tromol di setiap motor yang di jual dipasaran, kini telah ada teknologi ABS pada motor ber cc 150. Dan untuk calipernya pun mengalami banyak perubahan. Ada yang menggunakan 2 piston dan 1 piston di setiap calipernya.
Nah melalui artikel ini saya akan coba membahas tentang caliper 1 piston dan 2 piston. Seperti kita ketahui, banyak pabrikan yang beralih dari caliper 2 piston menjadi 1 piston pada motor produksinya, terutama yang ber cc kecil. Seperti contoh Vario 110 karburator ketika pertama kali launching menggunakan caliper 2 piston, dan beberapa waktu kemudian menjadi 1 piston. Kenapa demikian? Mungkin penjelasan berikut akan bisa mewakili. Pada dasarnya setiap produsen ingin bisa menekan cost agar bisa mendapat untung yang tinggi. Nah caliper 1 piston secara cost produksi lebih murah dibanding dengan caliper 2 piston.
Tapi walaupun cost lebih murah, untuk daya cengkeramnya banyak yang ngomong lebih baik 1 piston dibandingkan dengan 2 piston. Itu dikarenakan diameter piston pada caliper 1 piston lebih besar daripada 2 piston. Sehingga bidang dorongnya terpusat dan lebih besar. Dan juga perbedaan lainnya terletak pada diameter master remnya. Untuk caliper 1 piston diameter master remnya cuma 11 mm, lebih kecil 1 mm dibandingkan dengan yang caliper 2 piston yang mencapai 12 mm. Ini memudahkan saat menekan tuas rem karena bidang geseknya lebih kecil.
Dan untuk perawatan, caliper 1 piston lebih mudah dibandingkan caliper 2 piston. Lha wong cuma 1 piston saja dan itupun bentuknya lebih besar sehingga saat membersihkannya lebih mudah. Dan menurut pengalaman saya jarang banget kejadian piston macet pada caliper 1 piston, tidak seperti caliper 2 piston.
Dan ternyata, menurut pabrikan sebenarnya peruntukan untuk caliper 1 piston dan 2 piston berbeda. masih menurut pabrikan, caliper 1 piston sebenarnya untuk motor ber cc paling besar 150 cc dan untuk caliper 2 piston untuk motor ber cc lebih atau sama dengan 150 cc. Makanya banyak motor sport yang menggunakan caliper 2 piston. Seperti all new CB150R.
semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment