Tuesday 28 November 2017

Beat FI sering mati mendadak ? Cek komponen ini.



Selamat Siang mz bro, beberapa hari yang lalu saya dapat keluhan dari tetangga saya. Motor beat FI ESP tetangga saya tiba2 mogok dan lampu indikator pada panel speedometer berkedip-kedip. Karena penasaran, saya pun mencoba motor tersebut. Dan benar saja, saat melewati jalan yang bumpy / tidak rata motor terasa tersendat-sendat dan kemudian mati.
Dan saat kondisi sperti itu lampu indikator kegagalan fungsi menyala. Ahhh..pasti ada yang ga bener nih. Saya OFF kan kunci kontaknya dan di ON kan lagi lalu start, ternyata motor kembali hidup. wufft untung ga jadi dorong motor.
Sesampai dirumah saya coba menganalisa, di lihat dari bekedipnya lampu indikator kegagalan fungsi sebanyak 52 kali maka bisa dipastikan bahwa sensor CKP motor tersebut bermasalah (untuk tabel kedipan indikator kegagalan fungsi (MIL) bisa di liat di sini ). Setelah saya cek dan analisa ternyata benar bahwa kabel sensor CKP.nya terkelupas dan menempel ground. Ini mengakibatkan short, sehingga arus yang seharusnya ke sensor langsung ke ground.
Solusinya kabel yang terkelupas di solasi dan tempat persinggungan tersebut diberi double tape. Alhasil setelah di coba test ride pada jalan yang sama, gejala tersendat dan mati mendadak hilang.
Semoga berrmanfaat.

No comments:

Post a Comment