Sunday 26 November 2017

Apa itu Rim Lock?

Siang mz bro, setelah kemaren saya menulis artikel Velg CRF150 bisa dilengkapi Rim Lock?, banyak yang bertanya ke saya tentang rim lock. Melaui artikel ini, saya akan coba menguraikan tentang rim lock. Monggo disimak.
Rim lock adalah suatu peranti mekanis yang berfungsi mengunci velg (rim) dengan ban luardan ban dalam saat ban dalam kondisi kurang angin/kempes. Pada dasarnya ban dan velg adalah dua komponen terpisah, keduanya merekat dengan kuat saat ban terisi angin. Ketika ban dalam kondisi kekurangan angin maka daya rekat ban ke rim berkurang sehingga ban dan rim bisa berputar secara tidak selaras. Yang mengakibatkan ban dalam bisa sobek. Dengan adanya rim lock maka ban terkunci dengan velg sehingga ban bisa berputar selaras dengan velg. Nah untuk lebih jelasnya saya kasih videonya.(videonya saya comot dari youtube)
 

Dalam satu velg sebenarnya 1 rim lock saja sudah cukup aman, tapi ada beberapa para rider trabas yang memakai 2 rim lock pada satu ban. Semoga informasi ini bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment