Saturday 17 December 2016

Penjelasan warna bendera / flag pada race MotoGP.

Siang mz bro, kalau tadi pagi kita membahas tentang istilah dalam sirkuit yang buat race ( kalau yang belum tau coba klik disini ) sekarang kita beralih pembahasan warna bendera yang ada pada race MotoGP. Cekidot mz bro...
Bendera Hitam

Bendera hitam berarti pembalap didiskualifikasi dari balapan. Nomor rider akan dimunculkan bersamaan dengan dikibarkannya bendera hitam. Jika sudah begitu, rider yang bersangkutan harus kembali ke pit untuk menyudahi balapannya. Pembalap diberikan lima putaran untuk kembali ke pit terhitung sejak dikibarkannya bendera hitam.
Bendera Hitam dengan Tanda Oranye di Tengahnya
Bendera tersebut dikibarkan jika pembalap yang nomornya turut disebutkan mengalami masalah mekanis. Hal itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan untuk si pembalap dan pembalap lainnya.
Bendera Putih
Dikibarkan pada saat race berlangsung. Tujuan dari dikibarkannya bendera putih oleh marshal balapan yakni memberitahu para pembalap bahwa mereka dapat mengganti mesin/motor. Biasanya dilakukan jika kondisi trek basah karena hujan yang tiba-tiba turun.

Bendera Putih dengan Garis Merah dan Bendera dengan Garis Kuning-Merah
Kombinasi dua bendera tersebut digunakan untuk menandai para pembalap bahwa lintasan dalam keadaan basah karena cuaca yang mulai hujan.

Bendera Biru
bendera ini memberitahukan kepada rider yang akan dioverlap agar keluar dari racing line dan memberikan jalan kepada rider lain dibarisan depan.

Bendera Kuning
Jika bendera ini dikibarkan sebelum start, maka race akan ditunda. Sedangkan jika bendera ini dikibarkan saat race, ini menandakan ada insiden yang terjadi di depan. Rider harus berhati-hati dan bersiap untuk berhenti. Perlu diketahui menyalip saat bendera kuning dikibarkan tidak diperbolehkan.
Bendera Merah
Bendera ini mengartikan bahwa race dihentikan karena alasan tertentu. Biasanya terjadi hal yang tidak diinginkan dan menjadi bahaya untuk pembalap lain. Atau bisa juga karena alasan teknis dan non teknis lainnya.

Bendera hijau
ini artinya track aman, bendera ini biasanya dikibarkan saat free practice dan warm up.

Kotak Hitam Putih
Nah ini bendera yang paling ditunggu rider terdepan. Yups, bendera ini menandakan bahwa race telah selesai.
Itulah arti beberapa bendera di Motogp. Semuanya memang punya maksud dan arti sendiri-sendiri. Oh iya btw kenapa pake bendera ya? Iyalah masa mau pake toa, sampe bengor juga rider susah dengernya.

No comments:

Post a Comment