Tuesday 1 November 2016

Motor tiba-tiba mogok ? Panik ? Tidak usah lah.





Selamat siang mz bro dan mba sis, ketemu lagi sama saya. Heheee. Maaf ya baru bisa nongol dan nulis artikel lagi. ( nih orang niat pa gak bikin blog sich ? ). hehehe. Maaf, kemaren-kemaren lagi sibuk persiapan lomba 17an, bercanda. Jadi gini mz bro dan mba sis 2 bulan kemaren saya ikutan Honda Technical Contest ke 23 tingkat Nasional. Dan persiapannya dimulai dari bulan maret. Mangkanya blog ga keurus.Tapi alhamdulillah saya juara 3 untuk kategori Service Advisor.

Mumpung lagi senggang nih mz bro, saya coba berbagi ilmu. Ya semoga aja berguna bagi mz bro dan mba sis sxan.
Hasil gambar untuk toolkit bawaan sepeda motor
Pernah ga ngalamin kalo di jalan tiba-tiba motor mz bro mogok. Alias ga bisa jalan. Pernah?. Kalau pernah, kira-kira panik ndak? Sebenarnya tidak perlu panik jika menghadapi masalah seperti ini. Karena jika kita panik maka malah memperburuk kondisi saja. Teruz kita harus gimana. Berikut saya akan berikan beberapa tips saat motor kita tiba-tiba mogok
Hasil gambar untuk cek busi1. Usahakan tool kit bawaan motor selalu di bawa. Itu loh kalo kita beli motor baru kan pasti di dalam jok motor ada beberapa kunci/tool kit yang di kasih dealer penjual. Biasanya berisi kunci busi, obeng minus, kunci pas 10-12, kunci pas 12-14.



2. Cek bahan bakar motor anda, ini paling simple. Tapi ingat, ngeceknya langsung di tangki bahan bakar, bukan di fuel meter yang ada panel motor anda.
3. Buka busi motor anda dengan toolkit bawaan ( inilah pentingnya toolkit bawaan). Cek apakah businya basah atau kering. ( kalau basah coba dikeringna dulu dengan kain lap.)
4. Setelah buka busi, coba cek apakah busi memercikkan bunga api atau tidak. Caranya pasangkan busi dengan cop/kop businya dan kemudian stater/ kick stater motor anda, ( harusnya ada percikan bunga api sewaktu anda menstarter motor anda).
5. Cek kompresi motor anda dengan cara meng kick starter motor anda (Rasakan apakah terlalu ringan/ngeloss atau tidak). Jika terlalu ringan berarti ada kebocoran kompresi.
6. Siapkan tenaga anda untuk mendorong motor anda dan bawalah ke bengkel terdekat. Hehehe..

Semoga Bermanfaat.


No comments:

Post a Comment