Tuesday 31 December 2013

Lebih dekat dengan injeksi (bab sensor)



Selamat malam mas bro dan mba sist,
Seperti janji saya pada artikel kemaren, dalam kesempatan ini saya akan coba mengulas beberapa komponen di dalam sistem injeksi. 
Pertama tama siapin kopi dulu biar ga ngantuk nih mata,,hahay..

Let's the play...

1. ECM (Electronic Control Module)
ECM/ECU adalah otak dari sistem injeksi. ECM menerima data2 dari beberapa sensor berupa voltase/tegangan yang kemudian di olah dan didistribusikan k sensor terkait. Maka dari itu ECM  sangat berperan penting dalam sistem injeksi.Karena di ECM lah data berupa voltase di olah yang kemudian di distribusikan k sensor2 agar dapat bekerja secara optimum. Kalau di ibaratkan dalam film, ECM itu bagaikan pemeran utama,,nah klo pemeran utamanya tewas maka filmya bubar,,hahaha,,begitupun di dalam sistem injeksi, 


2. Injektor

Injector bertugas menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar. Injektor sendiri menerima perintah dari ECM kapan harus menyemprotkan bahan bakar dan seberapa banyaknya.jika injektor rusak maka akelerasi motor kurang bahkan mesin ada juga yang mogok jika injector sampai rusak parah.

3. Sensor suhu mesin

Terdapat 2 jenis yaitu : Sensor ECT (Engine Coolant Temperatur ) dan Sensor EOT ( Engine Oil Temperatur). Sensor ini mendeteksi suhu mesin lewat suhu cairan pendingin/coolant (pada mesin berpendingin radiator) atau suhu oli (pada mesin berpendingin udara). Sensor ini mengirimkan sinyal k ecm untuk diolah.
4. Sensor bukaan gas ( Sensor TP)
Sensor ini bertugas mendeteksi sudut pembukaan katup throttle lalu mengirimkan data ke ECM untuk 
     diolah berapa bahan bakar yang akan disemprotkan. Jika sensor ini rusak mesin dapat hidup tapi 
     tidak bisa stabil dan bahan bakar sangat boros dan lampu MIL/Check engine juga akan menyala.


5. Sensor posisi crankshaft (CKP/Crank angle)
Sensor CKP bertugas mendeteksi posisi crankshaft (poros engkol),dan mendeteksi posisi TMA saat mesin baru menyalakan dan mengirimkan data tersebut ke ECM untuk diolah dan mengatur saat pengapian dan waktu penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar oleh injector. selain itu bertugas mendeteksi putaran mesin, dan dapat menghasilkan energi listrik, jika CKP/Crank Angle Sensor rusak maka mesin tidak dapat hidup dan lampu check engine juga akan menyala.

6. Sensor udara buang (O2 sensor)
Sensor ini bertugas menjaga gas buang sisa pembakaran agar selalu pas dan memberi informasi ke  ECM untuk memberikan campuran bahan bakar yang ideal sehingga gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan. sensor ini terdapa dimotor keluaran terbaru seperti CBR 150, New Vixion,Vario tecno,dll 





7. Sensor udara intake (IAT sensor)

Sensor ini bertugas untuk mendeteksi suhu udara yang masuk dan mengirim data tersebut ke ECM  untuk di olah. jika sensor ini rusak mesin masih bisa hidup tapi lampu indikator MIL/check engine pada spedometer menyala.





Yupz itulah beberapa komponen di sistem  injeksi,,
semoga bermanfaat...

Teknologi membuat kita lebih mudah,,jadi gak usah takut dengan injeksi..setuju..???

No comments:

Post a Comment