Selamat malam mas bro dan mba sist,
Seperti janji saya pada artikel
kemaren, dalam kesempatan ini saya akan coba mengulas beberapa komponen di
dalam sistem injeksi.
Pertama tama siapin kopi dulu biar
ga ngantuk nih mata,,hahay..
Let's the play...
1. ECM (Electronic Control Module)
ECM/ECU adalah otak dari sistem
injeksi. ECM menerima data2 dari beberapa sensor berupa voltase/tegangan yang
kemudian di olah dan didistribusikan k sensor terkait. Maka dari itu ECM
sangat berperan penting dalam sistem injeksi.Karena di ECM lah data berupa
voltase di olah yang kemudian di distribusikan k sensor2 agar dapat bekerja
secara optimum. Kalau di ibaratkan dalam film, ECM itu bagaikan pemeran
utama,,nah klo pemeran utamanya tewas maka filmya bubar,,hahaha,,begitupun di
dalam sistem injeksi,
2. Injektor
Injector bertugas menyemprotkan
bahan bakar ke ruang bakar. Injektor sendiri menerima perintah dari ECM kapan
harus menyemprotkan bahan bakar dan seberapa banyaknya.jika injektor rusak maka
akelerasi motor kurang bahkan mesin ada juga yang mogok jika injector
sampai rusak parah.
3. Sensor suhu mesin
Terdapat 2 jenis yaitu : Sensor ECT
(Engine Coolant Temperatur ) dan Sensor EOT ( Engine Oil Temperatur). Sensor
ini mendeteksi suhu mesin lewat suhu cairan pendingin/coolant (pada mesin
berpendingin radiator) atau suhu oli (pada mesin berpendingin udara). Sensor
ini mengirimkan sinyal k ecm untuk diolah.
4. Sensor bukaan gas ( Sensor TP)
Sensor ini bertugas mendeteksi sudut pembukaan katup
throttle lalu mengirimkan data ke ECM untuk
diolah berapa bahan bakar yang akan
disemprotkan. Jika sensor ini rusak mesin dapat hidup tapi
tidak bisa stabil dan bahan bakar sangat
boros dan lampu MIL/Check engine juga akan menyala.
5. Sensor posisi crankshaft (CKP/Crank angle)
Sensor CKP bertugas mendeteksi
posisi crankshaft (poros engkol),dan mendeteksi posisi TMA saat mesin baru
menyalakan dan mengirimkan data tersebut ke ECM untuk diolah dan mengatur
saat pengapian dan waktu penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar oleh
injector. selain itu bertugas mendeteksi putaran mesin, dan dapat
menghasilkan energi listrik, jika CKP/Crank Angle Sensor rusak maka mesin
tidak dapat hidup dan lampu check engine juga akan menyala.
6. Sensor udara buang (O2 sensor)
Sensor ini bertugas menjaga gas
buang sisa pembakaran agar selalu pas dan memberi informasi ke ECM
untuk memberikan campuran bahan bakar yang ideal sehingga gas buang yang
dihasilkan lebih ramah lingkungan. sensor ini terdapa dimotor keluaran
terbaru seperti CBR 150, New Vixion,Vario tecno,dll
7. Sensor udara intake (IAT sensor)
Sensor ini bertugas untuk mendeteksi
suhu udara yang masuk dan mengirim data tersebut ke ECM untuk di olah.
jika sensor ini rusak mesin masih bisa hidup tapi lampu indikator MIL/check
engine pada spedometer menyala.
Yupz itulah beberapa komponen di
sistem injeksi,,
semoga bermanfaat...
Teknologi membuat kita lebih
mudah,,jadi gak usah takut dengan injeksi..setuju..???
No comments:
Post a Comment