Tuesday 6 February 2018

Tragis, N-Max tertabrak mobil sampai crankcase patah.

mazcacink.com : Tragiss mz bro. Niat hati ingin mencari nafkah malah kejadian apes yang dialami. Motor kesayangan rusak sampai bak mesin patah. Kejadian mesin patah ini menjadi viral di media sosial facebook. Adalah akun Adit Saputra II yang mengirimkan video kecelakaan yang menimpa pengendara N-Max. Berdasarkan video tersebut, pengendara N-Max akan berbelok dan tiba-tiba sisi samping motor tertabrak oleh mobil yang melaju kencang.
Akibat kejadian tersebut, crankcase/bak mesin patah sampai drive belt terlihat.
Dari postingan tersebut, Adit Saputra II menanyakan apakah patahnya crankcase dapat di ajukan claim garansi ke pihak dealer. Dari komentar yang terlihat, banyak jawaaban yang sebenarnya tidak membantu. Malah cenderung nyinyiran yang ada. Netizen jaman now, bukan membantu malah nyinyir. Berdasarkan pengalaman yang ada, kejadian patahnya crankcase akibat kecelakaan seperti itu tidak bisa diajukan claim garansi. Karena dari pihak dealer hanya menerima claim yang dikarenakan kesalahan produksi, kesalahan bahan produksi dan kesalahan perakitan. Untuk accident seperti itu biasanya claimnya akan tertolak.
Kalaupun sang pemilik motor tersebut membeli dengan cara kredit dan berharap ada penggantian melalui asuransi, hal itu pun akan terasa berat karena kerusakan dari motor tersebut belum mencapai 75%. Karena minimal kerusakan unit motor jika akan diganti yang akan ditanggung pihak leasing adalah jika kerusakan minimal 75%. Dan jika ingin mengganti dengan biaya sendiri maka otomatis akan menunggu dengan waktu yang cukup lama, dikarenakan crankcase yang patah adalah crankcase kiri yang dimana terdapat nomer mesin. Syaratnya pun cukup ribet karena harus dilengkapi surat keterangan dari kepolisian bahwa motor tersebut akan dilakukan penomoran ulang/renumbering.
Kasus patahnya crankcase/bak mesin di motor matik sebenarnya bukan kasus baru. Menurut pengalaman saya, motor matik memang riskan terhadap impact yang mengenai bagian samping belakang. Beberapa kali saya menemukan kejadian patahnya crankcase bukan cuma karena ditabrak, hanya karena menghajar lubang pun bisa patah crankcase. Dan itu bukan cuma satu pabrikan saja, hampir ketiga pabrikan semuanya saya pernah menemukan kejadian crankcase yang patah. Bercermin dari kejadian di atas, semoga menjadi pembelajaran bagi kita untuk lebih berhati-hati di jalan raya.

No comments:

Post a Comment