Tuesday 26 December 2017

CB150R old brebet dan sering mati, cek komponen ini.

pict from google
mazcacink.com : Paling tidak mengenakkan kalau tunggangan kita bermasalah, saat kita dikejar waktu koq malah motor bermasalah. Adalah Fajar, penyemplak CB150R old, saat akan berangkat kerja, motornya malah ga bisa jalan. Di coba starter berulang kali tapi tidak jalan, sekali mau hidup begitu dibuka gas malah mesin mati lagi.
Akhirnya si cibi pun dibawa ke bengkel, dan sesampainya di bengkel oleh mekanik di cek selama 25 menit. Dan hasil pemeriksaan mekanik keluarlah diagnosa awal bahwa cop businya bermasalah. Sambil menunjukkan cop busi bawaan si cibi, mekanik menerangkan bahwa cop businya sobek yang menyebabkan arus dari koil bocor ke ground dan sekaligus menyarankan untuk kuras tangki juga karena ada indikasi air didalam tangki.
Bukan rahasia lagi kalau tangki cb150 old rentan kemasukan air. Apalagi untuk cb150 old keluaran awal, bahkan ada kasus  sampai fuelpumpnya rusak akibat korosi yang disebabkan air yang masuk tangki. Makanya untuk pengguna CB150R old disarankan untuk sering menguras tangki minimal tiap 10.000km.

Sementara untuk cop busi, beberapa ada kasus cop busi patah akibat karat dan juga sobek. Untuk kasus patah karena biasanya ini dikarenakan sering dicuci dan disemprot pada area head cylinder. Ini menyebabkan air tergenang di area cop busi. Walaupun sebenarnya ada semacam lubang yang berguna untuk membuang air yang masuk ke area cop busi tapi karena letaknya yang didekat area knalpot sangat banyak yang tertutup kotoran sehingga lubang tersebut tidak berfungsi. Memang khusus motor injeksi, sektor pengapian sangat riskan. Busi nyala apinya sedikit merah aja bisa mengakibatkan efek brebet.
Kembali ke kasus CB150R old milik Fajar, setelah diganti dengan cop busi baru dan sekalian kuras tangki akhirnya motor kembali normal. Dan untuk harga cop businya lumayan bikin geleng - geleng kepala. Untuk harga cop busi berkode 30700-KPP-902 itu mencapai IDR 260.000.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment