Thursday 15 May 2014

Motor injeksi = motor pintar, MENGAPA???

HEMM..
lanjut lagi tentang materi injeksi ya mz bro dan mba sist,,,setelah beberapa lama vakum dari dunia maya dikarenakan banyak masalah internal yang harus ane selesaiin..saatnya saya kembali..EENGG..INGG..ENGG..
kenapa ane mengambil judul di atas,,?
ane mau ngasih tau tentang salah satu kelebihan dari motor injeksi,,yaitu :
catat nih ya..
Motor yang sudah mengaplikasi sistem injeksi, jika terjadi kerusakan pada sensornya maka si motor akan  ngasih tau si pengendara.
Loh kok bisa.?
motornya bisa ngomong gitu..?
haahaa,,gila lo ndro,,klo motor bisa ngomong..orang pada lari semua kalee.
OK,,,ane jelasin,,
duduk yang manis ya mz bro dan mba sist,,

Di motor yang sudah mengaplikasi sistem injeksi ada indikator yang ngsih tau ke pengendara, coba sobat perhatiin di panel spidometer motor injeksi sobat, ada lampu yang menyala beberapa detik kemudian mati lagi saat kunci kontak pertama kali di on kan. itu namanya lampu MIL ( Malfunction Indikator Lamp) atau check engine.
Lewat lampu indikator tersebut ECM ngasih tau ke pengendara kalau ada kerusakan. Nah ngasih tau,nya pake kedipan mz bro,,itu berarti jika lampu indikator berkedip di motor sobat ada msalah..bukan berarti motor sobat ganjen loh..hahaha..
Cara baca kedipannya gimana neh..?
Kedipan lampu MIL normal tampak setelah kunci kontak ON selama 2 detik lalu mati (kalibrasi). Jika bermasalah, maka lampu MIL akan berkedip. Ada dua kedipan dasar, panjang dan pendek. Kedipan panjang (1,3 detik) diartikan puluhan (10), kedip pendek (0,3 detik) satu kali berarti 1 dan seterusnya.
berikut ane babarkan kode kerusakan pada motor injeksi pada umumnya.
 
HONDA
1 Kedipan : MAP Sensor
7 Kedipan : ECT Sensor
8 Kedipan : Throttle Position Sensor
9 Kedipan : IAT Sensor
12 Kedipan : Injector
21 Kedipan : O2 sensor
29 Kedipan : IACV (Idle Control Valve) Sensor

33 kedipan : ECM

52 Kedipn : CKP sensor
54 Kedipan : Bank Angle Sensor

 
 YAMAHA
12 Kedipan : Crankshaft position sensor
13 Kedipan : Intake air pressure sensor
14 Kedipan : Saluran intake air pressure sensor
16 Kedipan : Throttle position sensor macet
21 Kedipan : Coolant temperature sensor
22 Kedipan : Intake air temperature sensor
30 Kedipan : Sepeda motor terjatuh
33 Kedipan : Primary ignition coil
39 Kedipan : System kelistrikan fuel injector
41 Kedipan : Lean angel sensor
44 Kedipan : Proses pembacaan atau penulisan pada EPROM
46 Kedipan : Aliran listrik ke system FI tidak normal
50 Kedipan : Kerusakan pada memori ECU

 Suzuki
12 Kedipan : CKP sensor
13 Kedipan : IAP sensor
14 Kedipan : TP sensor
15 Kedipan : ET sensor
21 Kedipan : IAT sensor
23 Kedipan : TO sensor
24 Kedipan : Ignition Koil
32 Kedipan : Fuel injection
40 Kedipan : ISC valve
42 Kedipan : Ignition switch
44 Kedipan : HO2 sensor

Kawasaki 
11 Kedipan : Sensor main throttle tidak berfungsi
12 Kedipan : Sensor tekanan udara inlet tidak berfungsi
13 Kedipan : Sensor temperatur udara inlet tidak berfungsi
14 Kedipan : Sensor temperatur air inlet tidak berfungsi
21 Kedipan : Sensor crankshaft tidak berfungsi
24 Kedipan : Sensor kecepatan tidak berfungsi
31 Kedipan : Sensor Vehicle down tidak berfungsi
32 Kedipan : Model TH atau EUR, sensor subthrottle tidak berfungsi; model IN, aktuator katub
                     subthrottle tidak berfungsi
33 Kedipan : Sensor oksigen tidak aktif
41 Kedipan : Injector tidak berfungsi
46 Kedipan : Relay pompa bahan bakar tidak berfungsi
51 Kedipan : Koil pengapian tidak berfungsi
56 Kedipan : Relay kipas radiator tidak berfungsi
62 Kedipan : Model TH atau EUR, aktuator katub subthrottle tidak berfungsi; model IN, sensor
                   subthrottle tidak berfungsi
64 Kedipan : Katup pengganti udara tidak berfungsi
67 Kedipan : Pemanas sensor oksigen tidak berfungsi

No comments:

Post a Comment