Saturday 16 December 2017

Vario 125 LED, kelistrikan mati total? Cek komponen ini.

Selamat siang mz bro. Kejadian apes menimpa rekan sejawat saya, sebut saja andrian. Dia adalah penyemplak setia vario. Dimulai dari Vario CW, berganti Vario techno dan tahun kemaren doi memutuskan mengganti tunggangannya menjadi vario 125 LED.
Nah kemaren saat doi hendak memakai kendaraannya, begitu kunci kontak di ON kan tidak ada tanda kehidupan di panel spidometer. Seperti seharusnya saat kunci kontak di ON kan, jarum speedometer akan melakukan reset dengan bergerak dari arah kiri ke kanan dan kemudian balik lagi kekiri dan dibarengi menyalanya lampu indikator sebentar. Tapi kali ini  koq spidometer tidak sperti biasanya.
Saat coba di stater pun, stater tidak bekerja seperti biasanya. Dan coba pakai kick stater pun hasilnya nihil, yang ada kaki udah gempor duluan. Akhirnya doi hubungi saya. Singkat cerita saya coba cek panel sekringnya. Ternyata sekring 25 A putus. Saya ganti pakai sekring cadangan. Kunci kontak ON, tapi tetap tidak ada tanda kehidupan. Cek sekring lagi, sekring 25 A putus lagi.
Waahh ada yang ga beres nih. Coba cek kabel-kabel sekitar box sekring. Ada beberapa kabel yang terkelupas. Coba di isolasi. Cek lagi sampai keringetan.
Setelah dilakukan pengecekan di kabel-kabelnya, maka coba lagi ganti sekring 25 A dengan yang baru. Di ON kan lagi, menyala sebentar tapi mati lagi. Arrgghh. Coba lepas stater relay. Koq mencurigakan. Ada serangga yang keluar dari relay tersebut.
Coba dipukul-pukul pelan supaya serangga keluar dari part tersebut. Dan melalui lubang kecil diberi angin bertekanan. Coba dipasang lagi. Ganti sekring 25 A untuk ke 3 kalinya. Di ON kan dan panel spidometerpun nyala. Motor pun coba dihidupkan dan dibawa jalan.
Hasilnya normal. wuhhh..ternyata hanya karena relay stater yang kemasukan serangga.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment