Sunday 14 May 2017

Lebih mendalam tentang Anti Theft Alarm.



Siang mz bro, beberapa waktu yang lalu kita disuguhkan new product dari PT. Astra Honda Motor, Yup All New Scoopy. Di motor terbaru pabrikan sayap mengepak ini disematkan beberapa fitur canggih. Salah satunya adalah anti theft alarm. Banyak dari rekan rekan yang bertanya tentang fitur ini. Anti theft alarm adalah fitur yang lebih dulu hadir di motor PCX 150. Dan kemudian turun ke generasi Scoopy. Sebenarnya apa sich fungsi anti theft alarm ini. Yuk mari kita kepoin mz bro.
Anti theft alarm ( alarm anti maling) adalah fitur yang dapat diaktifkan ketika kunci kontak diposisikan dalam kondisi OFF dan menekan tombol SET pada remote. Dan untuk menonaktifkan cukup menekan tombol UNSET. Alarm akan berbunyi kalau ada perubahan pada posisi motor atau guncangan pada motor. Lampu pada panel speedometer akan berkedip merah, menandakan anti theft dalam kondisi aktif. Sedangkan jangkauan remote dengan motor menurut PT Astra Honda Motor sekitar 10 meter, ya walaupun dalam lapangannya lebih dari 10 meter. Sedangkan komponen pendukung fitur ini adalah RF Receiver (didalamnya ada G sensor), Baterai, Remote Control, Buzzer dan dioda.
Ada beberapa pertanyaan dari rekan rekan kerja salah satunya adalah. Jika motor ditinggal dalam waktu yang lama dan anti theft alarm diaktifkan apakah anti theft alarm akan aktif teruz sampai kita menekan tombol UNSET pada remote? Menurut klaim AHM bahwa anti theft alarm akan secara otomatis akan non aktif jika motor tidak dipakai selama 60 hari. Berarti jika kita meninggalkan motor dan mengaktifkan anti theft alarm maka alarm akan non aktif dengan sendirinya pada hari ke 60 saat kita tinggalkan. Ini berfungsi untuk menjaga kekuatan aki/battery motor, yup karena anti theft alarm ini sumber kelistrikannya dari aki/battery.
Dan apakah anti theft alarm pada motor Scoopy seperti pada alarm anti maling yang banyak di jual di pasaran ? Jawabannya adalah tidak. Jadi gini, anti theft alarm pada Scoopy hanya akan berbunyi jika terjadi guncangan atau perpindahan posisi motor dan kunci kontak pada posisi OFF. Artinya jika kita meninggalkan motor dan mengaktifkan anti theft alarm, dan kebetulan motor akan dimaling dan maling berhasil membobol kunci kontak dalam posisi ON maka anti theft alarm tidak akan berfungsi, motorpun bisa di hidupkan karena anti theft alarm tidak mematikan motor seperti alarm anti maling yang dijual dipasaran.
Hebatnya fitur ini adalah kita bisa menyetel tingkat sensitivitas G sensor terhadap guncangan yang terjadi. Adapun cara menyetel sensitivitasnya mz bro bisa lihat di video berikut. ( Maaf ane cari video Scoopy.nya tidak ada, jadi ini pakai PCX. Cara nyetelnya sama persis. Ga da yang beda).


Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment