Monday 28 November 2016

Comby Brake system pada matic honda.

Pagi mz bro, esih semangat hari ini? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang fitur combi brake yang ada beberapa matik honda.


Pada dasarnya rem bukan lah berfungsi untuk menghentikan motor, tetapi untuk memperlambat laju motor secara bertahap hingga pad kecepatan nol kilometer. Tapi banyak yang salah dalam penggunaan rem, terutama di motor matic. Bagi sebagian orang yang masih pemula ada yang beranggapan kalau ingin mengerem ya harus rem belakang, rem depan jangan dipakai. Padahal itu anggapan yang salah seperti yang saya tulis disini . Maka dari itu Honda menghadirkan fitur Comby Brake System (CBS). Dengan hadirnya teknologi CBS ini, kita dapat melakukan pengereman secara optimal pada rem depan dan belakang. Pada rem depan jarak pengeremannya lebih pendek, sedangkan rem belakang jarak pengeremannya lebih panjang. Sehingga jika kedua pengereman ini digabungkan, maka akan menghasilkan pengereman yang optimal dan tempat.

Pengertian combi brake system

Combi Brake System (CBS) adalah sistem pengereman yang menggabungkan antara rem depan dan belakang hanya dengan menekan tuas rem tangan setelah Kiri, maka kedua rem akan berfungsi secara bersamaan. Dengan adanya teknologi ini, anda dapat melakukan pengereman dengan jarak yang lebih pendek dengan dengan bobot pengereman yang seimbang antara rem depan dan rem belakang sesuai dengan kebutuhan pengereman.

Cara kerja Combi Brake System

Ketika tuas rem Kiri ditekan, maka equalizer gaya akan bekerja untuk mendistribusikan tenaga tekanan tadi menjadi dua, yang satu menuju rem pada roda belakang, sedangkan yang satunya lagi akan menarik conector kabel  yang menuju ke tuas ungkit. Gunanya adalah untuk menekan knocker yang akan menekan piston hidrolik yang kemudian akan bereaksi untuk mengaktifkan rem cakram depan. Pada proses ini kekuatan pengereman akan terbagi secara otomatis pada kedua rem depan dan belakang.
Teknologi ini sendiri dipercaya dapat membantu bagi pengendara motor matic Honda yang bertipe CBS khususnya bagi para pengendara pemula, dimana sistem pengereman ini dinilai lebih aman, layaknya pengendara profesional, karena sistem CBS memungkinkan pendistribusian pengereman secara merata dan berimbang.
Semoga berguna.

No comments:

Post a Comment