Tuesday 30 May 2017

Mau mudik ? Periksakan motormu dahulu.

Selamat pagi mz bro, ga kerasa udah 5 hari kita menjalani bulan puasa yang penuh berkah ini. Dan menurut tradisi yang ada, kalo ngomongin puasa pasti identik dengan yang namanya mudik. Yup mudik adalah tradisi yang sangat kental di negeri tercinta ini. Kalau lihat dari data yang ada, mudik dengan motor masih menjadi favorit bagi para pengelana yang berjuang mencari nafkah di ibukota. Saran saya, persiapkan motor mz bro yang akan dipakai saat mudik nanti.
Yup,, sebelum mudik servislah motor mz bro sekalian ke bengkel resmi/umum. Teruz kapan waktu yang tepat?
Saran saya lakukan perawatan dan pengecekan motor mz bro pada saat awal-awal puasa seperti ini. Kenapa harus di awal-awal puasa? Ada dua alasan mz bro.
Pertama, saat di awal-awal puasa bengkel cenderung tidak begitu ramai, berbeda dengan menjelang akhir puasa. Soalnya kebiasaan kebanyakan orang lebih seneng servis kalau menjelang Lebaran. Nah mz bro ga perlu nunggu lama kan.
Kedua, jika setelah servis merasa ada yang kurang maka kita masih punya waktu untuk mengecek kembali ke bengkel. Berbeda ceritanya kalau kita menservis motor di akhir puasa, ga mau kan kalo pas ditengah jalan motor tiba-tiba bermasalah? Karena jika antrian sudah menjamur, biasanya mekanik akan sedikit gugup,,penginnya biar antriannya cepat kelar. ( ini pengalaman pribadi waktu dulu sebagai mekanik..heheehe..)
Pada intinya safety point harus bener dicek dan dipastikan dalam keadaan normal. Seperti sistem penerangan baik lampu depan dan belakang, lampu rem, klakson serta lampu sein. Kembangan ban juga harus dipastikan masih bagus, jangan sampai gundul mz bro ( mau mudik bukan balapan )..
Peranti pengereman dan penyalur daya (rantai / vanbelt ) pun jangan luput dari pengecekan, pastikan dalam kondisi prima. Dan kepoin segala acara yang di selenggarakan tiap ATPM..biasanya tiap ATPM menyediakan tempat untuk rest area dan pengecekan motor di jalur yang biasa dilewati untuk mudik..
Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment