Monday 8 May 2017

Bahan dan teknologi wearpack MotoGP

Selamat malam mz bro, pasti dari mz bro sekalian kadang melihat jatuhnya/ crash rider pada gelaran MotoGP, dan rider dengan mudahnya bangkit dan ada yang balapan lagi. Dengan kecepatan yang bisa mencapai lebih dari 250 km/jam, seharusnya jika pebalap jatuh di lintasan, mereka tidak bisa lagi melanjutkan balapan atau bahkan sekadar berdiri. Tapi kenyataannya para pebalap ini masih bisa berdiri bahkan berlari mengambil motor dan mencoba kembali ke lintasan. Ini tak terlepas dari penggunaan perlengkapan dengan standar keselamatan tinggi. Adalah wearpack yang penjadi kunci. Bagian Punuk Wearpack MotoGp
Yup peranti keselamatan yang wajib dan menjadi hal utama dalam ajang balapan seperti road race, fun race dan event terbesar seperti MotoGP. Yuk mari kita kepoin tentang peranti keselamatan ini.
Wearpack sering juga di sebut dengan nama Racing Suit.Boleh dibilang Wearpack ini sama seperti seragam khusus bagi pembalap agar aman di lintasan.Pada dasarnya Wearpack di desain untuk melindungi 3 bagian penting dari tubuh seorang pembalap,yaitu bahu,leher dan tulang selangka (Collarbone).Perlu di ketahui bahwa track di MotoGP ini bentuknya berbeda-beda dengan tipe tikungan yang memiliki tingkat kesulitan tinggi.
Banyak sekali di temukan tikungan tricky seperti Hairpin,Stop and Go dan Chicane yang membutuhkan fokus dan konsentrasi ekstra.Jika salah perhitungan,bukan tidak mungkin rider itu akan crash/terjatuh dari motor.Kecepatan motor di MotoGP bisa mencapai lebih dari 300 km/jam.Bahkan di sirkuit Losail 2015,Marc Marquez sampai menembus top speed 350 km/jam.Wuihh,kenceng banget ya? hehe.. Bisa di bayangkan bagaimana jadinya kalau jatuh di kecepatan itu.Air Bag di Wearpack MotoGp
Tapi semuanya akan aman selama ada Wearpack.Dengan perkembangan kemampuan motor,kebutuhan Safety yang tinggi selalu di tuntut pada semua Wearpack yang di gunakan rider.Racing Suit ini dibuat berdasarkan riset yang lama dan bentuknya menyesuaikan dengan anatomi tubuh pembalap.Jika di perhatikan,di bagian belakang Wearpack ada semacam punuk yang menonjol.Untuk apa gunanya? Punuk pada baju balap ini di buat untuk meletakkan Airbag/kantong udara.
Hasil gambar untuk wearpack marquez
Tak hanya di pakai di MotoGP saja,karena punuk/Hump ini sering di temui juga pada Racing Suit pada balap motor lainnya.Hump mempunyai fungsi aerodinamis yang memungkinkan udara yang menerpa dari arah depan dapat mengalir lancar agar motor tetap stabil tanpa gangguan turbulensi.Manfaat lainnya adalah melindungi tulang belakang.Di dalam Airbag terdapat bagian berongga yang dapat di pakai untuk meletakkan tempat air minum dan memasang chip elektronik.
Para rider membalap dalam waktu yang lama dan dengan air minum pada Hump,rider bisa minum tanpa harus bolak balik menuju Paddock untuk mengambil air minum.Disitu sudah di lengkap dengan selang yang mengalirkan air,tinggal sedot aja kalau haus ya hehe.. Bahan untuk Wearpack di pilih dari kulit yang tebal sehingga menimbulkan efek panas dan gerah jika di pakai pembalap.Oleh karena itu,di dalam Wearpack di pasang Gel Cooler Water dengan tenaga baterai yang bisa mendinginkan Wearpack dan membuang panas di dalam baju.
Sementara untuk chip,memang sengaja di tanamkan sebagai alat sensor.Chip ini akan mendeteksi gerakan tidak wajar dan ketika sensornya menyala,maka kantong udara dalam Racing Suit akan langsung mengembang.Sensor itu berperan seperti Trigger pada Airbag.Karena kecanggihan teknologi inilah rider terjaga dari cidera parah.Contohnya seperti yang terjadi pada Rossi yang crash di Mugello 2010,tapi tidak mengalami memar dan hanya cidera pada kakinya.Lorenzo pernah juga jatuh Highside di Laguna Seca 2011 sampai tubuhnya terpelanting ke atas,namun tidak mengalami cidera serius.Hasil gambar untuk crash motogp
Sedangkan bahan dasar Wearpack adalah kulit kanguru yang memiliki daya tahan bagus, lebih fleksibel, dan lebih ringan dibandingkan bahan dasar kulit sapi. Wearpack MotoGP juga dilengkapi dengan cooling system (Sistem Pendingin) yang memberikan kenyamanan raider saat race yang panas atau bersuhu tinggi. Bagian tulang belakang, dada, lengan, siku, pundak, lutut dan tulang kering dilengkapi dengan Protektor berbahan Karbon Kevlar, namun ada yang dilengkapi dengan Titanium.
Semoga bermanfaat.
 

No comments:

Post a Comment