Saturday 10 December 2016

Rake/caster, Trail dan wheelbase,?

Siang mz bro, maaf baru jam segini update artikel. Bengkel lagi rame pisan. Data spesifikasi pada brosur sepeda motor kadang kala mencantumkan angka rake dan trail pada bagian rangka. Tapi apakah arti angka pada rake dan trail itu?

Rake atau punya nama lain caster, adalah sudut yang ada antara poros rumah kemudi dengan garis lurus as roda depan (lihat poin A).

Motor jenis chopper punya sudut rake lebar karena posisi garpu (sokbreker) depan yang condong ke depan. Sportbike punya sudut rake yang lebih sempit karena posisi garpu mendekativertikal.
Semakin kecil sudut caster, semakin bagus untuk melahap tikungan dan bermanuver ria alias cornering. Namun, bila sudut caster kecil, kurang bagus untuk kecepatan tinggi. Makanya untuk motor dengan kebutuhan kecepatan tinggi, sok depan agak selonjor. Tapi, tentu kurang enak saat menikung. Ya itu balik lagi soal development motor itu sendiri untuk kebutuhan kecepatan tinggi atau rendah.
Motor dengan sudut rake besar, berarti dua hal. Pertama jarak sumbu roda (wheelbase) yang semakin panjang. Kedua, secara keseluruhan, hal ini turut menambah besar sudut trail.

Lalu apa itu trail? Trail berarti jarak (bisa mm atau inci)  antara titik potong dari garis poros kemudi dengan garis lurus titik kontak roda (lihat poin B).
Dan wheelbase sendiri adalah jarak antara pusat roda depan dengan pusat roda belakang.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi mz bro.

No comments:

Post a Comment