Tuesday 6 December 2016

Center of Gravity motor.

Siang mz bro,,banyak hal yang mempengaruhi agar motor dapat nyaman dikendarai, salah satunya adalah dengan menentukan center of gravity ( CG )/ titk keseimbangan motor itu sendiri. Lalu apa sih center of gravity itu? Melalui artikel di bawah ini saya akan coba menjabarkannya.
Menentukan titik keseimbangan motor bisa dilihat dari beban yang ditumpu roda depan dan belakang. Menurut teori sederhana, handling motor mudah dikendalikan jika beban di roda depan dan belakang seimbang.
Beban seimbang artinya di roda depan 50% dan roda belakang 50%. Istilah yang lebih teknis lagi, handling motor akan bagus jika center of gravity atau titik berat motor harus benar-benar di tengah.
Jadi..., sebenarnya sederhana menentukan motor itu handlingnya enak atau tidak. Salah satunya cukup menimbang berat di roda depan dan berat di roda belakang.
Mari dipahami basic CG menggunakan contoh lebih simpel. Kita ambil contoh balok. Bisa lihat gambar. Balok yang bobotnya merata, memiliki CG di tengah. Ngeceknya, enggak perlu pakai rumus ribet.
Langsung praktek, coba sobat tempatkan balok di ujung benda lancip, dengan posisi tepat di tengah. Bila balok tidak miring kiri-kanan atau jatuh, membuktikan CG ada di tengah. Artinya, distribusi bobot kiri dan kanan sama, 50% : 50%.
Namun akan beda center of gravity motor. Karena bentuknya gak beraturan, titik beratnya belum tentu di tengah.
Posisi Center of Gravity atau titik imbang di motor bisa dipengaruhi beberapa hal. Mulai dari peletakan mesin, ketinggian motor hingga jarak wheelbase.
Metode pengukuran dilakukan dengan cara menimbang bobot motor di roda depan dan belakang. Pakai 2 timbangan terpisah. Untuk mengetahui apakah bobot bagian depan dan belakang motor sama, atau lebih berat di salah satu sisinya. Karena ujung-ujungya akan berpengaruh pada kemampuan handling motor.
Nah, untuk mencari titik CG, ada hitungannya. Menggunakan lambang X untuk jarak as roda depan ke titik CG, dan Y menyatakan tinggi CG yang diukur dari tanah (lihat gambar).
Untuk mengetahui angka X dan Y, roda depan dan belakang harus ditimbang. Tujuannya untuk mengukur seberapa besar distribusi bobot depan dan belakang
Titik keseimbangan / Center of Gravity akan menentukan handling motor. Letak CG makin dekat ke as roda belakang, artinya distribusi bobot cenderung berat di belakang.
Sebaliknya makin dekat ke as roda depan, bobot motor condong berat di depan. Letak paling pas, kala posisi CG ada di antara kedua as roda atau setengah dari wheelbase.
Ketingian CG pun pengaruh terhadap handling motor. Semakin rendah CG, bagus dan ban lebih bertraksi ke aspal. Sebaliknya makin tinggi titik CG, handling motor jadi cenderung liar saat melakukan manuver ekstrem.
Tapi, ini juga bisa ditinjau ulang lewat panjang wheelbase. Bila wheelbase pendek dikombinasi rake yang centang bisa mengubah kondisi.
Semoga berguna.

No comments:

Post a Comment