Saturday 12 November 2016

Hujan.? Tetap riding, berikut tipsnya.

Siang Mz bro, memasuki penghujung tahun 2016 hujan sudah mulai turun di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya bagi pengendara sepeda motor jelas hujan menjadi kendala tersendiri karena menghadapi terpaan air dan terkadang angin yang cukup kencang. Untuk itulah sebaiknya para bikers selalu mempersiapkan diri dengan baik agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari seperti membawa perlengkapan yang diperlukan dan selalu mematuhi peraturan berlalu lintas.
Berikut kami berikan beberapa tips ringan bagi pengendara sepeda motor dalam menghadapi musim hujan seperti saat ini :

1. Jas hujan
Jas hujan menjadi perlengkapan yang wajib dibawa oleh pengendara sepeda motor di saat musim hujan. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis jas hujan yang beredar di pasaran mulai dengan model batman/poncho yang hanya memiliki bentuk lebar dengan penutup kepala, selain itu ada juga jas hujan berbentuk baju yang harganya memang lebih mahal namun lebih terjamin karena menutup seluruh bagian tubuh.

2. Kurangi kecepatan

Terkadang saat hujan turun para pengendara lebih memilih untuk memacu kendaraannya dengan kencang agar cepat sampai di rumah, padahal cara ini tidaklah dianjurkan karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Pihak kepolisian pun juga menganjurkan untuk para pengguna jalan supaya berkendara dengan kecepatan rendah karena kondisi jalan yang basah bisa sangat berbahaya.

3.Nyalakan lampu depan
Seperti diketahui pandangan pengendara motor akan sangat terganggu sekali ketika hujan turun, bahkan untuk melihat kondisi di depannya pun sangatlah sulit. Untuk itu semua bikers disarankan selalu menyalakan lampu utama supaya pengendara yang ada di depan maupun di belakangnya bisa sedikit terbantu dengan adanya pengendara lain.

4. Selalu periksa kondisi ban
Ban menjadi komponen yang paling vital saat musim hujan tiba, bahkan salah dalam memilih jenis ban saja sangat berbahaya sekali ketika digunakan. Saat musim hujan seperti ini sebaiknya pilih ban luar yang khusus untuk kondisi jalan basah, biasanya ban jenis ini memiliki alur banyak dengan tujuan bisa mencengkeram aspal lebih kuat. Hindari menggunakan ban jenis kering dengan ciri-ciri memiliki alur lebih sedikit. Namun sekarang pabrikan di Indonesia sudah menyediakan ban multi fungsi yaitu bisa digunakan di saat hujan atau pun kemarau. Kendati demikian sebaiknya selalu periksa ban anda dan jangan memaksa apabila sudah tidak layak pakai.

5. Hindari genangan yang terlalu tinggi
Alangkah baiknya anda jangan memaksakan diri untuk melintasi jalanan yang tergenang banjir cukup tinggi. Bukan hanya berbahaya bagi pengendara namun dikhawatirkan juga bakal merusak berbagai komponen pada sepeda motor tersebut. Salah satu bagian yang cukup rawan adalah busi, apabila sampai terkena air maka motor pun menjadi mogok dan perlu waktu lama untuk menyalakan kembali.

6. Gunakan helm tertutup dan berkaca bening. Titik air saat hujan geimis sekalipun akan terasa seperti siraman pasir ke wajah.

7. Gunakan sepatu tertutup, model boot lebih baik, jangan bersandal, kaki yang kedinginan mengurangi respon, dan mudah tergelincir saat berhenti menahan motor.

Itulah beberapa tips mudah bagi pengendara sepeda motor dalam menghadapi musim hujan yang sudah mulai turun. Apabila anda tidak membawa jas hujan atau khawatir terkena demam saat hujan turun lebih baik berteduh di tempat aman seperti di emperan toko yang cukup luas atau bisa juga berhenti di SPBU, disarankan untuk tidak berteduh di bawah pohon karena bisa sangat berbahaya sekali terutama pohon yang terlihat berusia tua.
Untuk menjaga lalu lintas agar tetap lancar lebih baik jangan berteduh di bawah jembatan penyeberangan atau fly over karena bisa membuat macet serta mengganggu pengguna jalan lain yang sedang melintas.

No comments:

Post a Comment